Kontrak Kerja
Bisnis Dunia Kerja

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Tanda Tangan Kontrak Kerja

Mencari pekerjaan harus melewati beberapa tahapan test seperti interview, psikotest, administrasi dan lain sebagainya. Tidak jarang para pencari kerja mencari kursus bahasa Inggris tambahan agar lebih mudah dalam melewati test yang di berikan oleh perusahaan yang di lamar. Apabila kamu sudah melewati tahapan-tahapan tersebut, kamu biasanya akan di berikan offering letter sebagai penawaran final akan pekerjaan kamu. Jangan lupa juga untuk perusahaan harus selalu menyediakan protokol kesehatan apabila calon karyawan baru diharuskan untuk datang langsung ke tempat seperti dispenser hand sanitizer, menggunakan masker, dan menggunakan disinfectant ke seluruh ruangan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan juga dipastikan oleh calon karyawan kepada pihak HRD agar sama-sama terikat dengan kontrak yang jelas. Lalu kira-kira apa saja hal yang perlu diperhatikan tersebut?

Kontrak Kerja
Kontrak Kerja

1. Kontrak Kerja

Sebelum anda menerima tawaran tersebut perhatikan dengan seksama peraturan yang di berikan oleh pihak HRD. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan seperti jam kerja, gaji, tunjangan, pesangon, minimal waktu kerja, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas dan yang kurang Anda paham kepada pihak HRD agar tidak terjadi miss komunikasi.

2. Job Description

Pahami dengan baik Deskripsi pekerjaan atau yang familiar disebut sebagai jobdesc (job description) yang akan di berikan kepada Anda. Hal ini juga menjadi hal yang mendasar untuk anda perhatikan. Di dalamnya biasanya tertera apa saja yang akan kamu lakukan setiap harinya, target, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui secara detail deskripsi pekerjaan Anda, persiapan pun juga akan lebih mudah untuk di lakukan.

3. Negosiasi Gaji

Ini adalah hal cukup sensitif untuk dibahas, banyak orang yang merasa tidak enak untuk membahas hal tersebut sehingga banyak kesalahpahaman diantara pegawai dan pihak perusahaan. Jangan ragu untuk menanyakan, menawar dan memastikan berapa gaji bersih yang akan anda terima. Anda juga berhak untuk menanyakan potongan gaji, kebijakan lembur, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pembayaran.

4. Perizinan

Masalah perizinan juga biasanya di tuliskan di dalam kontrak. Perhatikan dengan seksama apa yang boleh dan tidak boleh menjadi alasan kamu meminta izin. Kamu juga bisa menanyakan perihal kebijakan cuti yang bisa diambil, berapa lama juga kapan cuti tersebut bisa kamu gunakan.

Kota besar seperti Bekasi, Jakarta, Tangerang, Kalimantan dan lain sebagainya memiliki banyak sekali lowongan pekerjaan. Maka dari itu bisa tinggal di daerah perumahan Bekasi atau perumahan lainnya dapat memudahkan kamu untuk beraktivitas sehari-hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *