Sesak Nafas Saat Hamil
Kesehatan

Penanganan Dan Pencegahan Yang Tepat Untuk Sesak Nafas Saat Hamil

Sesak napas merupakan kondisi yang tidak nyaman pada tubuh. Dimana penderita akan merasa kesulitan bernapas selama beberapa saat. Ketika kondisi memburuk sesak napas dapat menjadi gangguan kesehatan yang serius. Sesak napas bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi pemicu penyakit tersebut. Maka dari itu, ketika seseorang mengalami kesulitan bernapas ada baiknya anda segera melakukan pertolongan tercepat untuk menangani hal tersebut.

Sesak Nafas Saat Hamil
Sesak Nafas Saat Hamil

Sesak nafas saat hamil merupakan kegiatan yang akan memberikan sensasi tidak nyaman. Kejadian ini akan memberikan efek buruk kepada kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan berlangsung. Pasokan oksigen dalam tubuh yang berkurang karena mengalami kesusahan bernafas akan membuat tubuh menjadi lemas. Hal tersebut akan menyebabkan pingsan hingga membutuhkan perawatan lebih lanjut. Jika anda mengalami Sesak nafas saat hamil sebaiknya anda melakukan kunjungan ke dokter kandungan anda untuk mengatasi penyebabnya. Namun, dalam menangani Sesak nafas saat hamil yang anda rasakan, anda dapat melakukan beberapa kegiatan parenting berikut selama masa kehamilan anda :

1. Melakukan istirahat

Mengalami Sesak nafas saat hamil memang hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena anda mengandung. Dimana berat badan anda bertambah sehingga memungkinkan terjadinya Sesak nafas saat hamil. Jika anda mengalami Sesak nafas saat hamil, maka anda dapat melakukan istirahat sejenak untuk menormalkan nafas anda. Istirahat sejenak dengan duduk dengan nyaman selama 20 menit dan menormalkan pernapasan anda dapat dilakukan ketika mengalami Sesak nafas saat hamil. Jangan memaksakan kondisi anda untuk melakukan pekerjaan berat.

2. Melakukan latihan pernapasan

Jika anda mengalami Sesak nafas saat hamil, maka anda dapat berlatih melakukan kegiatan pernapasan melalui mulut. Pernapasan melalui mulut akan membantu anda dalam mengatasi Sesak nafas saat hamil yang anda alami. Pernapasan melalui mulut dilakukan dengan menarik napas, tahan napas salaam 10 menit dan menghembuskannya akan membantu anda dalam mengatasi Sesak nafas saat hamil yang anda alami.

3. Olahraga

Anda dapat melakukan kegiatan olahraga rutin yang telah dikonsultasikan sebelumnya dengan dokter kandungan anda. Dengan melakukan olahraga rutin maka badan anda akan merasa bugar. Namun, jika anda merasa kondisi anda memburuk dan terasa nyeri saat bernapas maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter.

4. Perbaiki postur tubuh

Sesak nafas saat hamil dapat terjadi karena postur tubuh. Pastikan anda menggunakan posisi yang tepat dalam menangani masalah pernapasan yang terjadi tersebut. Anda dapat melakukan berdiri dengan menopang pada meja, bersandar pada dinding hingga berbaring dengan kepala dan lutut ditopang bantal. Anda juga dapat melakukan kegiatan duduk dengan menopang kepala pada bagian kursi untuk kegiatan mengatasi sesak nafas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *