SD WAN
Teknologi

Mengenal Kelebihan Menggunakan SD WAN

SD WAN adalah singkatan dari sofware defined WAN yang merupakan perkembangan dari tradisional WAN. SD WAN adalah sebuah teknologi yang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan penggunaan tradisional WAN. Apa saja Keunggulan SD WAN? Simak uraian selengkapnya di bawah ini.

SD WAN
SD WAN

Bisa Menerapkan Komputasi Cloud (Awan)

Keunggulan yang pertama adalah penggunaan dari SD WAN ternyata mendukung untuk penggunaan komputasi awan. Berbeda dengan tradisional WAN yang disambungkan lewat router konvensional tidak mendukung komputasi awan. Sedangkan sebuah organisasi dan perusahaan membutuhkan komputasi itu.

Sebenarnya tradisional WAN juga bisa mendukung komputasi awan akan tetapi harus melakukan perombakan dari bagian cabang menuju pusat dan tentu itu membutuhkan waktu yang lama. Selain itu perombakan data juga membutuhkan sistem keamanan yang terjamin agar bisa menerapkan cloud.

Berbeda dengan SD WAN yang semuanya menjadi serba cepat dan mudah. Jadi perusahaan bisa menerapkan komputasi cloud ke situs-situs yang dibutuhkan. Situs akan lebih mudah terhubung dengan internet sehingga proses komputasi tidak mengalami hambatan seperti penundaan.

Multiple Link Risilience

Keunggulan SD WAN yang kedua adalah adalah bisa terhubung ke berbagai titik berbeda dengan tradisional WAN. Tradisional WAN memang hanya memiliki satu titik saja yang sudah terhubung ke lokasi sedangkan hal ini bisa menimbulkan kegagalan jika hanya tersedia dalam satu titik saja.

Berbeda dengan SD WAN yang memiliki beberapa titik terhubung ke lokasi, baik titik IPS ataupun jaringan private. Inilah yang menjadi keunggulan dari penggunaan SD WAN sehingga bisa meminimalisir terjadinya kegagalan penyebab jatuhnya jaringan.

Bandwidht SD WAN Tinggi

Keunggulan yang ketiga adalah SD WAN memiliki bandwidht tinggi dibandingkan dengan tradisional WAN. Anda bisa memilih kumpulan high bandwidht yang disediakan oleh setiap provider. Adanya teknologi yang satu ini dapat digunakan untuk mengirimkan data sekaligus dalam jumlah besar.

Berbeda apabila sebuah perusahaan menggunakan tradisional WAN yang proses pengiriman datanya tidak bisa banyak dalam waktu bersamaan. Hal ini tentu membutuhkan waktu yang lama karena hanya mengandalkan satu jaringan saja.

Penggunaannya Lebih Fleksibel

Keunggulan yang berikutnya adalah penggunaan SD WAN jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan tradisional WAN. Adanya keunggulan yang satu ini memudahkan setiap perusahaan jika ingin melakukan perluasan jaringan.

Contohnya adalah ketika perusahaan Anda ingin membuka cabang baru di sebuah tempat. Jika menggunakan SD WAN pasti proses menghubungkannya jauh lebih mudah karena tersedia dalam banyak titik, berbeda apabila Anda masih menggunakan tradisional WAN.

Biaya Lebih Murah

Keunggulan yang berikutnya adalah dari segi biaya tergolong murah. SD WAN dapat mengurangi biaya yang berasal dari MPLS circuit karena memang menghabiskan banyak biaya. Adapun untuk koneksi lain yang digunakan adalah DSL atau boradband.

Akan tetapi jika perusahaan Anda masih ingin menggunakan jenis koneksi yang lama juga tetap bisa digunakan. Hanya saja ada biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

Beberapa Keunggulan SD WAN yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan Anda untuk mengganti tradisional WAN ke SD WAN. Keunggulan-keunggulan tersebut bisa memudahkan Anda untuk mengirim data dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *