Asuransi personal accident
Artikel Menarik

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Hiking

Hiking atau naik gunung menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada alam dan menjauh sejenak dari hingar bingar ibu kota. Pesona pemandangan yang menjanjikan menjadi daya tarik para pecinta alam terbuka. Bahkan kegiatan ini cukup terkenal di kalangan para milenial. Dari ketinggian 2000 mdpl hingga 3000 mdpl menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Namun, perlu diperhatikaan beberapa hal penting sebelum hiking agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Bukan hanya persiapan mental, tapi juga Asuransi personal accident yang tidak boleh terlupakan karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat di gunung nanti. Selain itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Di antaranya:

Asuransi personal accident
Asuransi personal accident
  1. Cari informasi mengenai gunung yang akan didaki. Informasi ini termasuk medan pendakian, cuaca, kondisi terkini, status kawasan, peraturan, perizinan, akses menuju lokasi, dan lain sebagainya. Anda dapat bertanya-tanya kepada teman yang sudah pernah mengunjungi gunung tersebut atau menghubungi pengelola basecamp supaya mendapatkan info terkini. Informasi-informasi ini, berguna untuk menentukan apakah medan yang dituju sesuai dengan kemampuan Anda dan teman-teman.
  2. Rencanakan dari jauh hari. Ada baiknya hiking tidak dilakukan secara spontan. Apalagi, jika Anda atau teman Anda adalah pemula. Hal itu dikarenakan, hiking membutuhkan persiapan fisik yang matang. Anda perlu berolahraga, seperti jogging, renang, atau latihan fisik lainnya setidaknya 1 bulan sebelum berangkat supaya fisik Anda terbiasa dengan medan yang akan dilalui nantinya. Anda juga perlu memperhatikan persiapan fisik teman yang nantinya akan menjadi 1 tim saat mendaki. Jika sampai H-2 kondisi fisik tidak memungkinkan, lebih baik dibatalkan atau ditunda saja.
  3. Buat estimasi waktu perjalanan dan checklist Anda perlu membuat catatan khusus yang berisikan estimasi perjalanan. Mulai dari tempat asal ke basecamp pendakian, hingga estimasi waktu pendakian dari pos 1 ke pos lainnya. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk mulai mendaki dan menghindari mendaki saat larut malam. Selain itu, checklist kelengkapan juga tidak kalah pentingnya. Apabila Anda mendaki bersama tim, bagilah tugas masing-masing orang. Pastikan semua perlengkapan yang krusial berfungsi dengan baik, seperti kompor, tenda, headlamp, hingga P3K dan survival kit.
  4. Beritahu orang tua atau saudara. Sebelum berangkat, Anda perlu memberitahu orang tua atau saudara tentang waktu dan lokasi pendakian. Ini penting dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan saat mendaki, seperti kecelakaan atau hilang. Sehingga, anggota keluarga akan menyadari jika ada yang tidak sesuai dengan rencana pendakianmu dan dapat segera menghubungi pihak terkait.

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum hiking. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Sumber:

https://lifestyle.kompas.com/read/2019/08/24/094024820/6-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-mendaki-gunung?page=all

https://hellosehat.com/kebugaran/olahraga-lainnya/persiapan-naik-gunung-untuk-pemula/

https://kumparan.com/harley-b-sastha/mengetahui-10-persiapan-penting-sebelum-mendaki-gunung-1rQ266XyhOX/full

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *