Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Artikel Menarik

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet tanpa Sedot WC

Perlu diketahui, WC mampet pasti disebabkan kotoran organic yang mudah terurai. Untuk melancarkan lagi saluran pembuangan menuju septic tank, kamu dapat mencoba menghancurkan penyumbatnya menggunakan soda api atau garam. Kedua bahan ini tidak bisa mengatasi WC mampet karena objek asing seperti mainan anak, pembalut, dll. Kotoran organic yang mudah terurai adalah seperti lemak, tisu, kotoran hewan, dan kotoran manusia. Cara mengatasi WC jongkok mampet dengan soda api bisa efektif tanpa membahayakan diri kalau kamu menggunakannya dengan benar.

Soda api sangat bereaksi keras terhadap air. Kamu harus memperhatikan peringatan keselamatan saat memakainya untuk WC mampet. Pemakaian soda api yang berlebihan juga harus dihindari.

Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet
Cara Mengatasi WC Jongkok Mampet

Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Untuk mengatasi WC mampet, jenis garam yang paling cocok adalah garam batu, yaitu garam berupa butiran kristal bening yang biasanya dijual dalam kemasan dengan label rock salt. Tapi jika sulit mendapatkannya, garam dapur yang kasar juga bisa digunakan, dengan tambahan bubuk soda kue. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, pastikan mangkuk WC tak tergenangi air jauh di atas batas ketinggian normal. Kalau mangkuk WC terlalu penuh, tunggu sampai airnya surut & kembali ke ketinggian yang seharusnya.
  2. Setelah itu, tuangkan garam batu sebanyak 1 cangkir atau 500 gr ke dalam lubang WC. Kalau menggunakan garam daur, jangan lupa tambah 1 cangkir bubuk soda kue.
  3. Kemudian, tuangkan air mendidih sebanyak 1 liter ke lubang yang sama.
  4. Lalu, diamkan semalaman atau setidaknya 8 jam.
  5. Jika sudah, gelontor WC dengan air yang cukup banyak agar sumbatan yang sudah hancur terdorong masuk ke septictank.
  6. Kalau WC masih juga mampet, kamu bisa bantu dorong penyumbat dengan pemompa WC berupa tongkat berujung mangkuk karet. Caranya, telungkapkan mangkuknya di atas lubang WC dan pompa berulang kali sampai saluran tidak tersumbat lagi.

Mengatasi WC Mampet Menggunakan Soda Api

Soda kaustik atau soda api adalah nama pasaran dari bahan kimia Sodium Hidroksida/Natrium Hidroksida (NaOH). Sebagai informasi, soda api bereaksi dengan air dan membentuk gelembung-gelembung yang bisa menghancurkan penyumbat organic. Meski wujudnya padat, soda api tak akan mengendap di septic tank atau pipa pembuangan air karena larut dalam air. Memang, soda api tak seampuh Sulfuric acid dalam mengatasi WC yang mampet. Tapi, soda api lebih aman dan lebih mudah digunakan. Meski demikian, kamu harus tetap memperhatikan petunjuk keselamatan saat menggunakannya.

Tak ada takaran pasti berapa banyak soda api yang diperlukan untuk mengatasi WC mampet. Hal ini tergantung parah tidaknya sumbatan. Sebaiknya kamu mulai dengan sedikit kemudian menambahkannya lagi kalau WC masih tetap tersumbat. Tak ada patokan pasti tentang berapa lama soda api & air akan bereaksi. Tapi, hal ini tergantung jumlah soda apinya juga.

Panduan Menggunakan Soda Api untuk Mengatasi WC Mampet

  • Gunakan sarung tangan karet, masker, dan pelindung mata terlebih dahulu.
  • Pastikan genangan air di mangkuk WC tak jauh di atas batas ketinggian normal.
  • Tuangkan soda api sebanyak ½ cangkir ke lubang WC dengan penyendok berbahan plastik.
  • Diamkan selama 10 menitan.
  • Setelah 10 menita, tuangkan air untuk mengecek apakah WC masih tersumbat.

Kalau masalah belum teratasi, ulangi lagi Langkah-langkah cara mengatasi WC jongkok mampet di atas dengan menambahkan soda api lebih banyak dan durasi tunggu yang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.