Tintin
Artikel Menarik

Beberapa Koleksi dari Karakter Tintin

Serial karakter Tintin memang sangat populer. Ini juga terbukti dari banyaknya barang-barang koleksi dan souvenir yang menggunakan tema Tintin. Bukan hanya barang saja namun juga tempat yang menggunakan tema Tintin berhasil menarik perhatian banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Koleksi Tintin

Sejak kematian Hergé, Hergé Foundation adalah yang memegang lisensi dari koleksi-koleksi Tintin dengan merk dagang Moulinsart. Ketua Moulinsart adalah Peter Horemans. Beliau mengatakan bahwa barang koleksi tersebut haruslah dijaga dengan hati-hati termasuk selektif dalam pemilihan tenaga kerja.

Tintin
Tintin

Ini juga yang mendukung terkenalnya setiap barang yang ada. Misalnya, NBC Universal adalah satu-satunya produk yang memiliki hak untuk memperdagangkan semua suvenir dalam seri Amerika Utara yang populer.

1. Toko

Berbagai suvenir dan koleksi tentang Tintin bisa Anda dapatkan dari toko-toko berantai di seluruh dunia. Toko pertama yang dibuka di tahun 1984 oleh Jane Taylor dan berlokasi di Covent Garden, London, di mana saat ini memiliki cabang yang banyak dibuka di seluruh dunia. Termasuk toko yang juga sangat populer di Bruges dan Brussel.

Ada juga toko buku yang bertemakan Tintin salah satunya yaitu jaringan toko buku Inggris Ottakars yang namanya diambil dari nama Raja Ottokar dari serial pada episode Tongkat Ottokar. Maka dari itu toko buku ini memiliki banyak koleksi buku Tintin.

Bukan hanya toko buku saja, ada juga cafe-cafe di beberapa negara yang dibuka dengan tema Tintin. Jadi semua hal di dalam cafe berkaitan tentang Tintin termasuk hiasan interior bahkan menu-menunya yang unik.

2. Perangko

Karakter Tintin telah digunakan berkali-kali sebagai gambar bukan hanya pada barang-barang yang umum seperti buku, apparels, case, dan lainnya namun juga digunakan pada perangko yang dikeluarkan untuk memperingati hari-hari istimewa. Perangko pertama diterbitkan untuk merayakan hari “Filatelis Muda Belgia” pada tahun 1979 oleh Kantor Pos.

Perangko ini merupakan perangko pertama yang diterbitkan dengan menggunakan gambar komik Belgia dan juga menampilkan pahlawan dari dalam komik.

Pada tahun 1999, Netherlands Post menerbitkan 2 prangko pada 8 Oktober 1999. Gambar-gambar pada perangko tersebut didasarkan pada episode “Perjalanan ke Bulan”. Perangko ini sukses terjual habis hanya dalam waktu beberapa jam setelah perilisannya.

Setelah itu di tahun 2001, Dinas Pos Prancis La Poste juga menerbitkan Prangko Tintin dan Milo sebagai tanda berakhirnya penggunaan Franc, mata uang Belgia. Pada saat yang sama, diterbitkan 2 perangko lagi untuk merayakan 70 tahun penerbitan Tintin di Kongo yang dikeluarkan pada tanggal 31 Desember 2001. Di waktu yang sama, Kongo juga menerbitkan perangko.

Kemudian di tahun 2002, Dinas Pos Perancis merilis seri “Sampul Hari Pertama” dengan karakter Tintin sebagai temanya. Dinas pos Belgia merayakan hari ulang tahun yang ke-75 di tahun 2004 sekaligus perayaan ke 50 pada seri Tintin episode Petualangan di Bulan dan juga berdasarkan episode seri Explorers on the Moon di mana dilakukan pendaratan di bulan yang kemudian ditampilkan pada perangko tersebut.

3. Buku

Tentu saja buku tidak jauh dari koleksi Tintin. Sudah banyak buku yang telah diterbitkan dengan isi yang membahas tentang karakter-karakter yang ada dalam cerita Tintin.

Sebenarnya masih banyak koleksi yang bertemakan Tintin. Apabila Anda penggemar Tintin dan ingin mulai mengoleksi atau ingin menambah koleksi, bisa membelinya di Tintin Shop Singapore Official Store di Blibli.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *