Herbal

6 Manfaat Bawang Putih Untuk Indera Pendengaran Yang Sakit

Umumnya, banyak orang mengetahui bila bawang putih hanya dapat dikonsumsi menyerupai dicampur ke dalam masakan. Namun sebenarnya, ada juga kegunaan bawang putih untuk kesehatan menyerupai salah satunya ialah untuk telinga. Bawang putih merupakan salah satu materi herbal yang mengandung sumber antioksidan, anti mikroba, anti basil dan juga anti jamur sehingga dapat mengatasi banyak sekali macam infeksi. Saat dikonsumsi secara teratur, bawang putih juga berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan badan lantaran juga mengandung serat, vitamin C, vitamin B, kalsium serta potasium. Ketika seseorang sedang mengalami infeksi telinga, maka dokter umumnya akan memperlihatkan antibiotik meski bahwasanya kebanyakan infeksi pendengaran terjadi lantaran virus sehingga antibiotik sebetulnya bukan solusi terbaik untuk mengatasi duduk perkara telinga. Lalu, apa saja bahwasanya manfaat bawang putih untuk pendengaran dan bagaimana penggunaannya?.

Manfaat Bawang Putih Untuk Telinga

Infeksi pendengaran merupakan gangguan umum yang dialami banyak orang. Infeksi pendengaran ini terjadi lantaran akumulasi cairan di pendengaran cuilan tengah. Selain disebabkan lantaran virus, ada banyak penyebab duduk perkara pendengaran lainya menyerupai alergi, bakteri, flu, demam hingga masuk bubuk ke dalam telinga. Untungnya, ternyata masih ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi duduk perkara tersebut menyerupai salah satunya bawang putih selain banyak juga manfaat bawang bombay.

  1. Meringankan Rasa Sakit di Telinga

Menerapkan bawang putih secara topikal atau obat luar sangat membantu untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dikala sakit telinga. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 103 anak yang mengalami sakit pendengaran lantaran infeksi pendengaran tengah ditemukan bila tetes pendengaran yang mengandung bawang putih dan beberapa materi herbal lain sama efektifnya dengan menyembuhkan sakit pendengaran dengan obat tetes pendengaran over the counter atau OTC.

Dalam studi berikutnya, obat tetes pendengaran yang terbuat dari ekstrak bawang putih juga ditemukan bila obat tetes pendengaran alami ini dikatakan lebih efektif dibandingkan obat tetes pendengaran anestetik atau mati rasa untuk mengobati sakit pendengaran pada anak anak berbeda dengan manfaat bawang merah.

  1. Mencegah Infeksi Telinga

Mengkonsumsi bawang putih juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan atau mencegah infeksi. Bawang putih sudah digunakan sebagai pengobatan alami untuk duduk perkara pendengaran termasuk sakit telinga, infeksi pendengaran dan tinnitus.

  1. Mengeluarkan Kotoran Telinga

Kotoran pendengaran atau disebut juga dengan earwax merupakan komponen yang dihasilkan pendengaran secara alami dan bahwasanya tidak dapat disebut dengan kotoran. Ini diproduksi oleh kelenjar kanal pendengaran yang berfungsi untuk menjaga kesehatan pendengaran menyerupai menangkap bubuk dan partikel abnormal yang masuk ke pendengaran dan dapat menjadikan kerusakan serta infeksi di gendang telinga.

Namun kanal pendengaran seseorang dapat saja mempunyai bentuk kecil atau tidak masuk akal sehingga kotoran pendengaran tersebut dapat dengan gampang menumpuk yang jadinya menjadikan penyumbatan kanal telinga. Untuk mengeluarkan kotoran yang menyumbat di pendengaran tersebut, maka ekstrak bawang putih yang sudah dibentuk menjadi minyak dapat digunakan untuk mengeluarkan kotoran pendengaran secara alami selain ada juga manfaat bawang putih untuk telinga lainnya.

  1. Mengatasi otitis Interna

Otitis interna, otitis media akut atau infeksi kanal pendengaran cuilan tengah umumnya dapat terjadi lantaran basil atau infeksi virus yang menyerang cuilan tengah kanal pendengaran manusia. Dalam cuilan tengah tersebut terisi dengan udara yang terletak di belakang gendang telinga.

Infeksi pendengaran yang terjadi dapat menjadikan rasa sakit lantaran semakin menumpuknya cairan serta inflamasi pada cuilan pendengaran yang terinfeksi. Untuk mengatasi otitis interna ini. Air bawang putih dapat dijadikan obat tetes alami lantaran mengandung anti bakteri, anti inflamasi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi banyak sekali duduk perkara di pendengaran bahkan lebih efektif dibandingkan dengan manfaat ear candle.

  1. Otitis Externa

Otitis externa atau disebut dengan infeksi kanal pendengaran dapat menjadikan bengkak, inflamasi dan juga kemerahan di luar rumah. Ada banyak faktor yang dapat menjadikan infeksi kanal pendengaran cuilan luar menyerupai infeksi bakteri, jamur, iritasi, alergi yang dapat menjadikan gangguan telinga.

  1. Mengatasi Meniere

Meniere ialah penyakit yang terjadi pada cuilan dalam pendengaran yang disebabkan lantaran kantong endolimfatikus membengkak lantaran penumpukan cairan di dalam telinga. Gejala yang terjadi lantaran gangguan pendengaran ini menyerupai pendengaran berdengung atau tinnitus, pusing dan juga gangguan pendengaran lainnya. Penyakit ini biasanya tidak hanya terjadi pada satu cuilan pendengaran namun juga dapat terjadi di kedua cuilan telinga. Untuk mengatasi meniere ini, ekstrak bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi meiere dengan cara yang lebih alami selain banyak juga manfaat minum bawang putih bagi tubuh.

Manfaat bawang putih untuk pendengaran yang sudah kami berikan diatas dapat dijadikan cara alternatif untuk mengatasi beberapa gangguan pada pendengaran yang terbilang lebih kondusif bahkan sama efektifnya dengan beberapa pengobatan pendengaran yang biasa diberikan oleh dokter. Semoga gosip kali ini dapat menambah wawasan anda.