internet service provider terbaik
Teknologi

3 Penyebab Internet Lemot yang Paling Sering Terjadi

Pada era ini, gawai dan internet service provider terbaik menjadi satu paket kebutuhan yang harus kita penuhi. Saat jaringan internet mengalami masalah, orang-orang bahkan akan mencari tahu penyebab internet lemot untuk menghindari buruknya koneksi jaringan.

Bagi Anda yang sering mengalami internet lemot wajib tahu penyebab-penyebab jaringan internet lola (loading lama) pada penjelasan di bawah ini!

internet service provider terbaik
internet service provider terbaik

Apa Saja Penyebab Internet Lemot?

Melambatnya koneksi internet terkadang bisa menghambat produktivitas seseorang baik dalam pendidikan, pekerjaan, sampai kegiatan wirausaha. Bahkan, internet lemot juga bisa menjadi penyebab utama kerugian yang sulit untuk kita hindarkan.

Untuk menghindari masalah ini, tak ada salahnya untuk mengetahui faktor penyebab lemotnya jaringan internet berikut ini.

1. Terlalu Banyak Aktivitas Aplikasi yang Aktif

Saat Anda sedang membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, kecepatan internet biasanya akan ikut menurun dan melambat. Contohnya saat pengguna membuka aplikasi Chrome, Canva, Spotify, secara bersamaan

Hal ini karena jaringan internet juga bekerja atau menyuplai kebutuhan internet pada aplikasi yang masih menyala secara merata. Kalau sudah terbagi-bagi begini, wajar saja kecepatan internet jadi lebih lemot.

Untuk menghindari penyebab internet lemot ini, alangkah baiknya untuk fokus pada satu aplikasi terlebih dahulu dan tutup aplikasi yang tidak perlu. Atau, Anda juga bisa membuka menu setting dan matikan penggunaan koneksi internet pada aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting untuk saat ini.

2. Jaringan Sedang Sibuk

Faktor penyebab internet lemot berikutnya adalah karena sibuknya jaringan server terutama pada saat prime time. Pada waktu tersebut, banyak orang akan menggunakan koneksi internet secara bersamaan sehingga masing-masing pengguna akan mendapat jatah kecepatan jaringan yang relatif rendah.

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda bisa memulai sebelum memasuki jam-jam prime time jika memang memungkinkan. Atau, Anda juga bisa menunggu sampai beberapa waktu agar kecepatan jaringan internet bisa kembali normal.

3. Cuaca Buruk

Jika berbicara masalah cuaca, Anda tentu hampir tidak bisa melakukan apa-apa selain menerimanya. Jika di negeri kita, kualitas jaringan internet cenderung mengalami penurunan saat cuaca mendung maupun hujan. Apalagi saat hujan deras.

Alasan mengapa hujan kerap membuat kecepatan jaringan internet menurun adalah karena sinyal-sinyal internet yang ada di udara akan terhalang oleh rintikan hujan.

Untuk menghindari internet lemot saat hujan, Anda mungkin bisa menyelesaikan tugas sebelum turun hujan atau beralih ke provider yang bisa menyediakan kualitas internet lebih baik daripada yang biasa Anda gunakan.

Penyebab Internet Lemot Mana yang Sering Menimpa Anda?

Jika Anda sering mengalami masalah kecepatan jaringan internet lambat, kenali dahulu faktor-faktor penyebabnya. Kemudian carilah solusi yang paling tepat atau beralih ke provider internet service lain yang mampu menawarkan pelayanan internet dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.